Ads 468x60px

Selasa, 08 Mei 2012


Iseng ngebut di Internet, eh tau - tau dapat hal yang oke banget neh buat para rider,,,, ini dia  ayo dong tolong donk di baca dan di pakai.... 


Tips Berkendara dengan Aman Saat Hujan

Walaupun di musim hujan sekarang ini kalian tentunya mempunyai aktifitas rutin yang dikerjakan di luar Rumah atau kostan, seperti Sekolah, kuliah, Kerja, n bermain ketempat temen atau pacar yang jaraknya tidak dekat dari tempat tinggal kalian. Dan tentunya kalian diharuskan menggunakan kendaraan.

Sering banget kita jumpai kecelakaan di jalan saat musim hujan sekarang ini, baik menimpa yang berkendara roda dua, bahkan yang berkendara roda empat. Faktornya bisa karena jalanan licin karena hujan, pandangan mata yang terbatas, atau karena sistem pengereman yang kurang pakem.
Nah kita akan berbagi tips nih buat kalian yang suka berkendara, agar perjalanan kalian bisa tetap aman dan selamat sampai tujuan. chekidot:

1.         check ban sebelum kalian berangkat, sudah tipis apa belum. Nah kalau bannya sudah tipis dianjurkan untuk mengganti ban dulu. Agar daya cengkram ban pada jalan kuat.

2.         check pengereman pakem atau engga sebelum berangkat. Jika dirasa belum pakem, maka diaturlah terlebih dahulu agar bisa mengerem dengan pakem, n kalo kanvas remnyaa sudah habis, di usahakan agar menggantikannya dengan kanvas rem yang baru.
3.         Jaket, sarung tangan, sepatu, pakai celana panjang, n tentunya helm ini buat pengendara sepeda motor, yang namanya kecelakaan tetunya semua orang tak menginginkannya, tapi yuang nama musibah itukan tidak tau, jadi kita pun harus jaga-jaga, agar memperkecil resiko cedera saat kecelakaan.

4.         Bawa jas hujan buat yang berkendara sepeda motor, dimusim hujan seperti ini biasanya hujan turun setiap hari tanpa kita ketahui waktunya,nah untuk mengantisipasinya hujan turun, kalau pun hujan turun, seluruh anggota tubuh kitapun terlindungi dari air hujan.

5.         Kaca sepion pas atau enggak dengan penglihatan kalian, untuk melihat kebelakang. Kaca Spion tetunya memiliki peranan yang sangat penting bagi pengendara. Karena si pengendara harus mengawasi kendaraan yang berada di belakangnya ketika mau belok atau mennyalip kendaraan di depan.

6.         Periksa semua lampu kendaraan
Pastikan semuannya masih normal baik lampu utama maupun lampu sen. Jika semua lampu dipastikan masih normal maka nyalakan lampu utama saat berkendara baik di malam maupun siang hari, terlebih lagi saat turun hujan. Lampu untama bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita.

7.          Pastikan sistem kontrol kendaraan anda masih normal
Yaitu kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling apakah dalam keadaan baik dan berilah perawatan ekstra terutama pada musim hujan saat ini. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

8.         Pakailah alas kaki yang tidak licin dan aman
Di musim hujan sebaiknya gunakanlah alas kaki yang tidak licin untuk berkendara, selain itu juga persiapkan jas hujan yang berbentuk baju dan celana. Karena jas hujan yang seperti itu tadi lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco atau jas hujan batman.

9.         Kurangi kecepatan anda jika berkendara saat hujan
Hal ini bisa menghindarkan kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin karna air hujan yang bercampur dengan oli. Mengendarai kendaraan dengna kecepatan rendah akan membuat semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban akan kuat.

10.       Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan lain
Langkah ini agar jika menghindari masalah dan bisa memiliki ruang untuk menghentikan laju kendaraan anda tanpa menabrak kendaraan lain.

11.       Jangan memaksa menerobos genangan air yang ada di jalan
Pasalnya hal tersebut bisa membuat kendaraan menjadi mogok mungkin anda juga bisa terperosok ke lubang yang ada didalam genangan yang tak anda ketahui.
Jika terjebak banjir dan kendaraan anda mogok jangan anda coba untuk menhidupkan kendaraan anda, ada baiknya anda dorong terlebih dulu ke tempat yang aman. Karena dikhawatirkan sistem pengapian kendaraan terjadi konsleting dan bisa membuat kendaraan anda terbakar.

12.      Dan yang paling penting jangan ngebut-ngebut. Nah ini nih yang perlu di perhatiin, mending terlambat demi keselamatan dari pada membahayakan diri sendiri dengan mengebut untuk mengejar waktu. Apa lagi saat hujan deras, jarak pandang terbatas, jalanan licin, n belum lagi klo jalanannya rusak. Jadi pelan-pelan sajalah yang penting selamat.


0 komentar:

Posting Komentar